Perguruan Tinggi Negeri SUMBAR | 1: 7300

Pemerintah melalui Departemen Pendidikan, telah mewajibkan pendidikan minimal 9 (sembilan) tahun. Artinya, pemerintah menjamin pendidikan anak bangsa dimulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) untuk 6 Tahun, dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama 3 tahun.
 
Setelah ditinjau dan diulang ukur, ternyata pendidikan 9 tahun belum berarti apa-apa untuk zaman ýâñg kian pesat ini,
sehingga tambahan wajib belajar 3 tahun pada jenjang SMA (Sekolah Menengah Atas) diberlakukan. Terbukti, dana BOS diluncurkan untuk membantu meringankan biaya operasional sekolah pada SMA telah direalisasikan.
 
Terlepas dari itu, bagi alumni SMA ýâñg ingin menggapai pengetahuan ýâñg lebih luas, dipersilakan untuk memasuki PTN/PTS ýâñg tersebar luas, baik Nasional maupun internasional. Selanjutnya, untuk masuk PTN itu tak semudah memasuki pintu kamar sendiri ϑî rumah. Ada jalur ýâñg harus ditempuh agar bisa ngampus layaknya seorang mahasiswa.
 
Kali ini Mc.A TíÐâk membeberkan panjang lebar tentang kampus, ini tentang peluang ýâñg dimiliki ◯しモ卄 seorang calon mahasiswa agar bisa ngampus ϑî PTN ýâñg ada di SUMBAR. Seperti ýâñg mc.A kutip dari harian Haluan (5/28) ýâñg memuat sebuah berita bertajuk "Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN". Dikatakan bahwa, 40.900 ýâñg mendaftar, hanya 3.075 (7,5%) ýâñg diterima di UNAND, dan hanya 2.536 (6,2%) ýâñg diterima ϑî UNP. Hmmm, bayangkan jika anda 1 diantara 40.900 orang ýâñg terdaftar ϑî atas, berarti anda akan bertarung merebut 1 kursi melawan 7.300 orang (1:7300).

Ditambahkan lagi, cara ýâñg diterapkan pada SNMPTN tahun ini berbeda sekali dengan ýâñg sebelumnya. Calon mahasiswa akan dinilai dari 3 (tiga) aspek: siswa, nilai rapor, dan prestasi. Juga, aspek sekolah turut menentukan penilaian, seperti: akreditasi, faktor akselerasi, RSBI dan lain hal.

Kalo kamu tidak lulus melalui jalur SNMPTN, kamu masih memiliki kesempatan untuk bertarung lagi melawan pesaing yang lain, jalur ini disingkat sebagai SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Nah, saya yakin semua udah pada tahu bahwa Pendaftaran Seleksi ini tengah berlangsung sejak 13 Mei lalu, dan akan ditutup pada Juni ϑî hari ke 7 mendatang. Jika belum daftar, dan berminat silahkan check website-nya! Berikut mc.A lampirkan jadwal ýâñg berkaitan dengan SBMPTN!

  1. PENDAFTARAN (13 Mei 2013 s/d 7 Juni 2013)
  2. UJIAN TERTULIS (18 s/d 19 Juni 2013)
  3. PENGUMUMAN HASIL UJIAN (12 Juli 2013, mulai pukul 17.00 WIB).
gambar yang berkaitan 
Previous
Next Post »