Review Koneksi 3.5G Provider Tri (3)

Saat ini, koneksi yang lambat merupakan musuh bagi semua insan pengguna jaringan internet. Mereka rela mematahkan laptopnya, karena sakit hati melihat ulah sang provider yang hanya mengiklankan jaringan cepat, tapi faktanya lelet sama sekali. (^^)

Well,,, in this chance I'd like to review a provider network performance. Please, welcome our candidate... Tri-Jagoan Internet.

Di tempat saya tinggal, hampir semua provider telah menyediakan layanan data kecepatan tinggi that called 3,5G. Mulai dari
Telkomsel, Tri, XL, dan AXIS. Mungkin I-Sat akan menyusul dikemudian hari. Tapi, mumpung lagi pake Tri saya akan ulas sedikit tentang operator yang selalu memberikan sesuatu yang beda ini kepada para customernya (masih ingat promo Tri-PizzaHut???). Memang Tri, selalu memberikan layanan internet yang tercepat dan kualitasnya bagusss... Kamu ga bakal bilang "lelet" atau "lola" anymore. Yang ada, "Wuih, kencangnya!"
  • Tarif
Nah, sebelum kita membahas tentang kinerja dari internet Tri, perlu kita bahas tentang tarif dan paket yang disediakan oleh Tri. Bersumber dari situs resminya (www.tri.co.id), dapat kita ketahui bahwa semua paket/tarif yang ada bukan unlimited data package, yang artinya pengguna dibatasi dengan kuota yang dibeli. Yah, harga berbanding luruslah sama kualitasnya :) Harga paket yang ditawarkan bermacam-macam, mulai dari Rp. 35.000,- dengan kuota 500 MB, hingga kuota 5GB yang hanya seharga Rp. 125.000,- Untuk kamu yang suka browsing, gunakan saja paket 1GB seharga 50 ribu Rupiah. Apalagi jika kamu pengguna Android.

Jika dibadingkan dengan operator lain, harga ini lumayanlah ga murah-ga mahal... Coba liat paket internet berbasis kuota XL yang meminta kamu Rp.50.000,- untuk kuota 500 MB... tapi, ada seh yang lebih murah seperti data unlimited-nya AXIS yang 50.000 rupiah untuk tanpa batas, tapi... (yang pernah pake pasti ngerti)

  • Aktivasi
Jika kamu berminat, bisa melakukan pengisian pulsa sesuai dengan nominal yang dibutuhkan dan hubungi *123#, pilih Paket Internet, lalu Regular, dan pilih sesuai pulsa yang kamu nginkan, dan/atau bisa aja pake voucher-yang lebih simple dan cepat.

  • Kelebihan
Setiap produk buatan manusia, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Internet Tri dengan slogan "Jagoan Internet", memang jago dalam hal kecepatan. Dan ini akan berbeda-beda untuk daerah yang berbeda. Jika daerahmu tinggal telah ter-cover jaringan tiga setengah ge ini, akan tersenyum manis menikmati kinerja Tri yang super ini! Streaming Youtube tanpa buffering, dan masih bisa nyambil-nyambil kaya download file lain dalam satu waktu, dan itu tidak mempengaruhi Video Youtube yang kamu tonton. Yah, kan Tri berbasis kuota... makin banyak kamu menggunakan kuota, makin cepat sisa kuota kamu habis (ya iyalah) Dan hebanya lagi,  kamu ga perlu nunggu lama deh untuk situs-situs networking seperti FB, Twitter, dll yang rata-rata hanya menghabiskan sekian detik untuk memuat halaman masing-masing situs.

  • Kekurangan
Kita bahas yah, biar adil...
  1. Data yang diberikan bukan UNLIMITED, melainkan kuota based.
  2. Jaringan Tri 3,5G belum mencakup semua wilayah di Indonesia, jangan bingung kalau tiba-tiba saat mudik/pulang kampung yang tampil di layar Android-mu, atau hape-mu "emergency call only"...
Berapa kecepatan data internet Tri 3,5G???
Kecepatan data Tri bergantung kepada lokasi dimana jaringan Tri 3,5G harus stabil dan kuat adalah 65 mbps atau setara dengan 8.1 mBps. Dengan kecepatan download ~1 mBps. Mengunduh file besar seperti film (dengan bantuan IDM) yang kapasitasnya 700 Mb, dapat ditonton 15 menit kemudian, atau lebih lama hingga 45 menit. Ngebut bukan???

Berhubung kuota yang diberikan terbatas, baiknya kamu gunakan secara bijak. Atau gigit jari saat notifikasi berupa pesan singkat memberitahukan kamu, bahwa kuota kamu habis.

Alternative

Bagi kamu yang biasa on-line di hape seperti Nokia N73 dan lain-lain, tersedia paket alternative yang pastinya kamu banget... Yakni, gratis on-line 1 Tahun penuh untuk 10 situs popular yang disebut "Always On-AON", dengan harga 50.000 rupiah saja. Ada juga yang lebih murah, seperti gratis sebulan dengan harga Rp. 10.000,- saja...

Thats all, semoga berguna dan Hello, MacArip!


Previous
Next Post »