Alasan Menggunakan Windows 8 :: Revolusi Nan Cantik

Ingat iklan sebuah perusahaan besar yang OST-nya diisi oleh Daphne Willis - Do What You Want? Yap, itu adalah iklan sebuah produk terbaru dari Microsoft yang diberi nama Windows 8, atau lebih keren disebut Win8.
 
 
 
Pada penghujung tahun 2012 ini, MacArip akan mengungkapkan apa saja yang patut dibanggakan oleh Microsoft tentang revolusi yang mereka lakukan terhadap Win8, dan 8 alasan mengapa software terbaru mereka layak untuk kita konsumsi. Tapi, sebelum kita masuk lebih inti mengenai generasi ke-8 dari Windows, sepatutnya kita mengetahui versi lawas dari Windows itu sendiri:

 

Nah, jika kamu telah mengetahui tentang versi yang telah ditelurkan oleh Microsoft tentang produknya Windows, kini saatnya kita kembali ke topik yang telah saya sebutkan di awal tulisan.
 
Windows 8
Merupakan generasi pembaharu pemulanya Windows 7, yang telah beredar di pasaran. Untuk kamu ketahui, Windows telah mengedepankan UI menakjubkan dimulai dari Windows Vista, dengan keunggulannya pada penampilan yang serba transparan. Karena OS versi Aurora itu banyak mengkonsumsi RAM saat menjalankannya, Windows 7 dilepaskan dengan perbaikan yang ampuh dan wow, komputer kita tak lagi lelet. Sayang, sejak pertama kalinya Windows mengedepankan penampilan, komputer yang telah lama ada kadang tak kebagian untuk mencicipi rasa nikmat yang disuguhkan OS yang dilahirkan pada tahun 2009 itu. Kita tahu, persyaratan minimum yang dibutuhkan membuat perangkat komputer lama gigit jari, dan berkata "saya ga kuat".
Namun, seiring perkembangan OS yang berbasis internet telah meraja lela, seperti Android, dan pesaing lainnya telah sukses di dunia, membuat Microsoft harus menciptakan gebrakan yang mampu menyaingi OS lain.
Dan, Microsoft berhasil! Inilah Windows 8. Sebagai acuan, berikut 8 (delapan) alasan "mengapa harus menggunakan Windows 8".
 
  1. Antarmuka lebih canggih
  2. Selalu terhubung
  3. Lebih mobilasi
  4. Data tersimpan pada jaringan
  5. Lebih hemat energi
  6. Lebih cepat
  7. Lebih Windows
  8. Lebih Baru!
 
 
  • Antarmuka Lebih Canggih
Menu Start (Mulai) pada Windows 8 disebut dngan Metro UI. Kita dimanjakan dengan Live Tile yang selalu berganti-ganti secara realtime (beberapa apl).
Jangan bingung ketika kamu tidak menemukan logo menu Start, pada taskbar (bilah tugas) Win 8. Karena memang tidak ada pada taskbar lagi. Kamu bisa menggeser mouse ke sudut  kiri bawah, dan disanalah menu "Mulai" itu berpose, klik dan kamu akan diantarkan kepada Menu seperti yang terlihat di atas. Latar belakang  pada menu start ini bisa kamu personalisasi sesuai selera: motif, warna, dan skema yang kamu inginkan bisa dipilih pada menu Personalisasi. Tentu, kamu harus mengaktifkan Windows 8 secara on-line terlebih dahulu.
 
  • Selalu Terhubung
Sosial (Social), begitu Microsoft menyebut aplikasi jejaring sosial yang bisa menghubungkan beberapa akun secara bersamaan ini. Kamu akan selalu terhubung dengan situs jejaring sosial favorit kamu di sini, akun seperti Windows Live, Facebook, twitter, Google, dll bisa terhubung selancar yang kamu harapkan. Ingat! versi Windows yang terbaru ini, lebih afdal jika kita memiliki jaringan internet yang selalu aktif setiap kita menggunakannya (wi-fi, modem USB, dan lain-lain).
Pada fitur Sosial, kamu akan diberitahukan secara langsung setiap pemberitahuan yang tertuju kepada akun kamu, jendela kecil akan muncul sebagai notifikasi pada sudut kanan atas jendela kita, yang menariknya, notifikasi yang lengkap dengan nada itu akan memudar beberapa detik jika kita tak menghiraukannya hingga menghilang, dan jumlah notifikasi di Sosial pada tampilan menu Start (Mulai) akan muncul sejumlah  pemberitahuan yang belum kamu periksa.
 
  • Lebih Mobilisasi
Tren perangkat yang lebih ringkas, bisa dibawa kemana-mana, dan tersedia diberbagai macam perangkat. Itu yang dicoba Microsoft terapkan pada Windows yang memakai Metro sebagai tatap muka tersebut. Bisa dipakai pada komputer desktop, pada tablet, dan pada notebook/laptop. Juga pada perangkat selular dengan konsep yang sedikit berbeda, Windows Phone 8.
Sejatinya, Windows 8 lebih diutamakan pada perangkat dengan layar berkemampuan sentuh (touch screen). Sehingga perangkat seperti Tablet sangat sederhana untuk dibawa-bawa. Menggunakan layar sentuh memang lebih cepat dan efektif dibandingkan menggunakan mouse. Sebagai tambahan, Windows 8 juga dibagi menjadi Windows 8 dan Windows Pro, juga Windows RT. (akan dibahas pada tulisan selanjutnya)
 
  • Data Tersimpan Pada Jaringan
SkyDrive, layaknya cloud-storage (media penyimpanan secara on-line) lainnya, disediakan untuk kamu yang telah mengaktifkan Windows 8 dengan akun dari Microsoft (contoh: user@hotmail.com) secara gratis, kamu bisa menyimpan file data apa saja di SkyDrive sehingga saat kamu membutuhkan dokumen seperti tugas sekolah, kampus, atau presentasi PowerPoint untuk keperluan bisnis dimanapun akan terjaga secara aman dan bisa diakses dimanapun, asalkan ada akses internetnya. Jadi, tak perlu risih flashdisk atau perangkat anda tertinggal di rumah, buka saja dari unit komputer/tablet yang ada di sekolah, kampus, kantormu. Tapi, jangan lupa untuk menyinkronkannya sebelum terlambat.
 
  • Lebih Hemat Energi
Windows 8 sejak peluncurannya lebih didedikasikan pada pengguna tablet, dan dapat disimpulkan lebih menggunakan daya yang lebih hemat dan lebih efisien dibanding versi sebelumnya.
 
  • Lebih Cepat
Saya pernah mendengar sebuah kata bijak dari teman saya, bunyinya "manusia bisa menciptakan berbagai macam technologi untuk mengalahkan berbagai hal. tapi, manusia tidak bisa mengalah satu hal meskipun teknologi itu adalah yang tercanggih sekalipun. hal itu adalah WAKTU". Pepatah ini benar dan saya akui kebenarannya hingga kapanpun. Karena, secepat apapun processor dan secanggih apapun OS maupun perangkat yang kita gunakan, kita masih saja menggunakan waktu untuk membuktikannya. Hubungannya dengan Windows 8 adalah, waktu untuk Windows  "booting" (mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan Windows sebelum bisa digunakan) tidak selama yang dibutuhkan Windows sebelumnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan cara, menggunakan versi Windows yang berbeda pada perangkat yang sama, 75% lebih cepat.
Sekali masuk, segala aplikasi yang ada juga berjalan lembut dan cepat. Hanya saja, karena masih baru dan butuh perbaikan diberbagai sisi, beberapa aplikasi tidak dapat berjalan di atas Windows yang hanya dijual seharga Rp. 400rb ini. Seperti halnya perbaikan yang telah mereka lakukan pada software (perangkat lunak/applikasi/program) bawaan yang lebih baik dari versi sebelumnya. Tak perlu lagi meragukan performa penjelajah internet bawaannya-Internet Explorer 10, yang saya sendiri juga kagum dengan performa lancar dan ngebut yang mereka layani. Driver yang langsung dikembangkan poleh Microsoft juga salah satu faktor yang membuat kita merasa nyaman dan tak membosankan untuk berlama-lama menggunakan OS yang satu ini.
 
  • Lebih Windows
 
[Paula asked us a simple question, “your name is Windows. Why are you a flag?” ]
Paula menanyakan sebuah pertanyaan sederhana, "namanya Windows=jendela. Kenapa kamu (berbentuk) sebuah bendera?". Kalimat ini saya kutip dari blog Windows yang menjelaskan kesalahan Windows dalam menentukan logo mereka pada versi sebelumnya. Memang benar mereka telah menggambar bendera pada setiap versi Windows sebelumnya. Lalu mereka menciptakan sebuah logo yang secara bentukan memang LEBIH WINDOWS dibanding BENDERA.
 
  • Lebih Baru!
Android adalah OS besutan Google yang ramah akan penggunaan, yang artinya jauh dari kata "susah" dimengerti dalam hal penggunaan. Bagaimana dengan Windows 8??? Akankah ramah tata cara akan kita jumpai??? Atau akankah keringat kita keluar hingga sebesar biji jagung saat mengoperasikannya??? Bagian ini akan saya uraikan pada tulisan yang akan datang. Sebelumnya, jika kamu tertarik untuk mendownload Windows 8, silahkan klik tautan berikut!
 
 
Sebagai kesimpulan pada tulisan ini, saya ingin sampaikan bahwa: Windows 8 akan bekerja maksimal jika kamu selalu terhubung dengan internet, hal ini disebabkan oleh beberapa fitur yang tertanam didalamnya menggunakan koneksi internet untuk bekerja (Sosial, SkyDrive, Perpesanan, Kurs, Berita, Cuaca, dan kawan-kawannya). Satu hal yang tidak bisa kamu lupakan, Metro UI adalah kunci utama dari Windows 8. Kamu harus terbiasa untuk memulai sesuatu dengan hal yang baru, karena itulah Windows 8: revolusi yang cantik.
 
 
Previous
Next Post »