Nama-Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Postingan ini ditujukan untuk Siswa Kelas VII khususnya, dan pelajar pada Umumnya. Belajar nama-nama hari memang terasa mudah, tapi kadang peserta didik sering melakukan kesalahan yang sama pada saat menyebutkan hari yang mirip. Seperti hari Kamis, yang faktanya Thursday, tapi mereka sering secara tak sengaja menyebutkan Tuesday yang berarti Selasa. Untuk itu, Mr. ARiP mencoba mengulas kembali kosakata dasar (basic vocabularies) tentang Days.



(gambar kalender-calendar image)

Pada gambar kalender di atas, dapat kita lihat dan kita perhatikan bahwa saat ini adalah hari Sabtu pada tanggal 18 September 2010. Selanjutnya, kita mulai pelajaran kita tentang Days dengan mengucapkan بسم الله الرحمن الرحيم

Dalam satu minggu ada 7 hari. (there are 7 days in a week)
Mereka adalah Minggu, (they are Sunday)
Senin (Monday)
Selasa (Tuesday)
Rabu (Wednesday)
Kamis (Thursday)
Jum'at (Friday)
dan Sabtu (and Saturday).

Dalam penulisan nama hari, baik dalam Bahasa Indonesia maupun dalam Bahasa Inggris, kita harus menggunakan huruf kapital (huruf besar) pada awal tiap nama hari. Sebagai contoh :
  1. Saya suka hari Senin - I love Monday
  2. Saya suka hari senin - I love monday
Dari dua contoh di atas, contoh nomor 1 adalah contoh yang benar.  Karena nama hari yakni Senin atau Monday ditulis besar pada awal kata. Sedangkan contoh nomor 2 salah karena pada awal kata pada nama hari tidak ditulis kapital atau huruf besar.

Cara baca - How to read
Penting diketahui, cara membaca nama hari dalam bahasa Indonesia sangatlah gampang. Lain halnya dengan cara baca dalam bahasa Inggris. Untuk peserta didik sekalian, silahkan klik alamat video tutorial di bawah ini untuk mengetahui cara baca nama-nama hari dalam bahasa Inggris!

klik tautan ini untuk membuka video cara membaca "Name of Days"!

Latihan - Exercise 
  • Perintah : Susunlah huruf yang acak berikut ini menjadi nama hari dengan benar! Please arrange the letters to create the correct name of day!
  1. u-n-s-a-d-y
  2. d-e-w-e-n-s-a-y-d
  3. y-a-d-i-r-f
  4. d-a-y-m-o-n
  5. t-a-r-h-u-s-a-y-d
  •  Perintah : Berdasarkan video yang telah kalian simak, cobalah menyebutkan nama-nama hari dalam seminggu!
Okey, time is up. Saatnya kita bersyukur sama Tuhan dan kita tutup pelajaran kita. Semoga entri ini dapat menjadi tambahan wawasan pengetahuan kita dalam berbahasa Inggris.

Salam
Mr. ARiP
Previous
Next Post »