Review XL 3G+ Ngebut & Murah, Kuota Berlimpah???

Hmmm, memang perperangan provider di tanah air kini lagi sengit di arena internet. Hal ini dimungkinkan karena gadget yang beredar saat ini telah mengibarkan kiprahnya dilepel online. Sebut saja perangkat Android yang saat ini selalu menjadi pusat perhatian konsumen, baik yang sudah memilikinya maupun yang belum memilikinya. Wajar, provider berlomba-lomba menambahkan strategi baru guna menyaring konsumen menjadi bagian dari mereka. Lalu, strategi apa yang kali ini diterapkan oleh XL untuk menghadapi gaung peperangan ini??? Akankan XL menjadi yang 'selangkah lebih maju' seperti slogannya??? Berikut MacArip bongkar rahasia strategi perang yang dilancarkan oleh XL.
Hari ini saya telah mempersiapkan sebuah kartu perdana XL dengan harga Rp. 3.000,- dan sebuah voucher  Rp. 50.000,- seharga Rp. 53.000,- dengan total Rp. 56.000,- (kalo beli cendol, dapat berapa ya dengan duit segini????) Hal ini saya lakukan tentu saja untuk menguji kinerja dari layanan data XL yang selalu menggunakan huruf "X" pada setiap programnya (XENSASI, Xmart Plan, Xcloud, dll) yang menjadi ciri tersendiri buatnya. Asal jangan XXX aja. Hehehe... (',')


Jaringan yang digunakan XL adalah 3.5G, dan ini sangat bergantung kepada wilayah tempat kamu berada. Semakin stabil koneksi 3.5G yang kamu miliki, semakin baik kualitasnya. Untuk itu, saya bisa menikmati layanan 3.5G miliki XL ini dengan baik di tempat saya tinggal. Hanya, kadang saat saya berada di beberapa titik lokasi, sinyalnya melemah dan koneksinya menjadi jelek. Baiklah, kita mulai aja review_nya...

  • Jenis Layanan Bukan UNLIMITED
XL telah menyatakan bahwa mereka sengaja menghapuskan layanan data unlimited mereka untuk menjamin kualitas yang baik, sehingga setiap paket internet yang ada merupakan jenis kuota atau terbatas kuota yang kamu beli. Semakin sering kamu download/mengunduh file dengan ukuran besar, atau sering menontong video di Youtube, akan mempercepat penurunan sisa kuota yang kamu miliki. Hingga kuota habis, kamu tetap bisa menikmati kunjungan ke berbagai macam  situs. Dan Rp. 1/Kb akan dikenakan jika kuota_mu habis.
  • Rp. 49.000,- untuk Paket Spesial 1.2 GB
Seperti yang telah dibahas di atas, layanan data HotRod 3G+ nya XL semuanya berupa volume based atau berdasarkan kuota yang dibeli. Salah satu paket yang disediakan XL seharga 49k untuk 1.2 GB memang diadakan untuk menghancurkan strategi provider rival. Sebut saja Tri, yang lebih dulu menyiapkan 1 GB untuk Rp. 50.000,- Terlihat, XL sengaja melebihkan 0.2 GB untuk membuatnya lebih dibanding Tri. Dan promo ini disebut Paket Spesial HotRod 3G+ yang berlaku mulai 31 Juli – 30 September 2012, dan berlaku se-Indonesia. Paket senila 49k ini akan aktif selama 30 hari dihitung termasuk hari kamu mengaktivasi. Sebelumnya, paket internet XL memang terasa mahal jika dibandingkan provider lain, 49k untuk 500 MB. Heh,,, mahal...
  • Paket Spesial yang BUKAN Spesial
Entah apa yang mereka lakukan, sehingga penurunan kualitas sangat terasa bagi saya jika dibandingkan dengan paket-paket sebelumnya (pengalaman pribadi), padahal di tempat yang sama, operator yang sama, dan kartu yang sama. Dulu, nonoton video di Youtube, tidak mengenal buffering, berbanding terbalik untuk saat ini yang always buffering.


Loading yang lebih lama, bahkan untuk membuka halaman blog saat ini.


Ini jauh lebih mengerikan, jika melihat hasil benchmark yang saya lakukan di situs http://speedtest.microsoftonline.com/, yang saya captured berikut.


Coba lihat dan bandingkan dengan janji yang mereka berikan

Disana dituliskan, ...up to 3,6 Mbps... yang artinya kecepatan tertingginya 3.6 Mbps, sedangkan hasil di atas dapat menunjukkan kecepatnnya tidak mencapai setengah dari skor yang mereka sampaikan kepada kita, hanya di +/- 1.2 Mbps, yang jika kita gunakan untuk mendownload sebuah file musik berukuran 5 MB, akan memakan waktu lebih kurang 186 detik karena kecepatan downloadnya hanya 26,875 kBps (dikonversi dari 215 kbps=26,875 kBps). Kalo kamu biasa di warnet sih, kecepatnnya rata-rata 30 kB/s hingga 70 kB/s.

Jadi, semua kembali kepada kamu yang akan memilih paket internet.
Previous
Next Post »