Apakah Android itu?

"Kemaren sore, MacArip lagi ngumpul bareng Prince Isuk, dan Fairy Piranha di rumahnya MacArip. Baru aja nyampe di sini, sang Isuk mulai percakapan, yang merupakan sebuah kalimat tanya. "King (panggilan lain MacArip) Android itu apa ya?" dan memasang wajah bingung. Dan saya, wajib jawab, karena saya tahu Android itu apa, dan saya salah satu penggunanya. Lalu saya menjawab dengan PEDE, pertanyaan yang diajukan oleh Isuk."

Hello, MacArip!
Postingan ini, sebenarnya bukan hanya jawaban yang telah saya berikan kepada salah seorang teman saya di atas. Untuk kamu yang tidak tahu tentang "Apa itu Android?", sudah berada di blog yang tepat. Karena, saya akan membahas tentang informasi dasar mengenai Android.

Untuk mempermudah pemahaman kamu, saya akan coba membuat konsep utama dalam tulisan saya kali ini. Perhatikan poin-poin berikut:

  1. Sistem Operasi
  2. Google
  3. Sistem Terbuka
  4. Hand phone/Tablet PC
Ada empat poin yang akan kamu ketahui tentang Android. Setelah membaca empat poin di atas, apakah kamu sudah tahu, Android itu apa? Jika belum, berikut penuturannya.

  • Sistem Operasi


Kamu pasti pernah menggunakan komputer, atau laptop bukan? Komputer yang beredar di Indonesia, biasanya menggunakan Sistem Operasi Windows, baik itu Windows 7, Vista, maupun XP. Sistem Operasi pada komputer, berfungsi sebagai program pengelola kinerja antara perangkat keras dan perangkat lunak. Tanpa OS, sebuah komputer tidak akan bisa menjalankan perangkat keras atau perangkat lunak yang ada.


Contoh: saat membaca blog ini, kamu menggunakan perangkat lunak yang disebut browser seperti Mozilla, tanpa OS yang sudah terpasang, browser Mozilla ini tidak akan pernah bisa kamu jalankan.

AndroidBegitu juga dengan Android, adalah Sistem Operasi yang berfungsi sebagai program pengelola antara perangkat keras dan/atau perangkat lunak yang ada di hand phone atau tablet kamu. Tanpa Android, hand phone/tablet yang dimaksud tidak akan berjalan.

Bagaimana dengan Sistem Operasi Symbian, iOS, Bada, Windows Phone, Java, dan BlackBerry?


  • Google

Nah, jika kamu sudah mengetahui Sistem Operasi Android, maka hal yang selanjutnya kamu harus tahu bahwa Android adalah milik Google. Yang merupakan salah satu penyedia layanan pencarian terkenal di dunia. Google memberikan Android kepada seluruh pihak pengembang secara gratis dan terbuka. Jadi, beda dengan iOS atau BlackBerry, yang hanya boleh dipasang di Apple iPhone, atau BB. Android bisa digunakan di hampir semua perangkat seluler yang telah menemui persyaratan minimalnya. Dan vendor handphone terbesar yang banyak menelurkan produk Android adalah Samsung. Terakhir Samsung mengeluarkan Galaxy Nexus yang merupakan kerjasama Samsung-Google dalam menciptakan versi Android terbaru yang dikenal dengan Ice Cream Sandwich (ICS/Android 4.0).


  • Sistem Terbuka
Jika sebelumnya, sudah disinggung tentang Google yang memberikan Android kepada dunia secara GRATIS, dan bebas dipasang di hand phone/tablet apapun. Kini, pembahasan tentang Sistem Terbuka. Apa maksudnya? Apakah Sistem itu juga ada yang tertutup? Jawabannya, Sistem Terbuka berarti pengguna bebas memodifikasi seluruh bagian yang ada pada Android itu sendiri, ditambah Google menyediakan perlengkapan guna mendukung pembuatan aplikasi yang bisa digunakan di Android. Hanya saja, kamu tidak akan terlepas dari persyaratan yang diberikan Google dalam Privacy Policy nya.

  • Hand phone/tablet PC

Android bisa digunakan di hand phone, tablet PC yang memenuhi pra-syarat yang dibutuhkannya. Seperti besaran Processor, Memory, Penyimpanan Massa, dan lain-lain.

Kunjungi juga Perangkat Google, untuk mengetahui handphone dan tablet apa saja yang telah mendukung Sistem Operasi ANDROID.

Tablet PC
Hand phone
Previous
Next Post »