Simbol dan Artinya I

Kadang orang bangga akan menggunakan berbagai macam simbol dalam berbagai aspek. Pada aksesoris, pada pakaian sebagai motif, pada desktop komputer sebagai wallpaper, dan berbagai hal lainnya. Lanjut, mengapa hal ini harus dibahas? Apa pedulinya coba? Ya kan?
Tapi, tunggu dulu! Bagaimana, siapa, apa, kapan dan mengapa? Nah, itu akan kita bahas pada blog ini. Bukan sok-sok agamais atau berbau SARA. Tapi cuman kasih tau sebelum menyesal dan merasa bersalah.
Begini, simbol sebenarnya berarti symballo yang diambil dari
bahasa Yunani. Symballo berarti menyamarkan sesuatu berupa gambar atau bentuk atau benda yang mengantar ide-ide atau konsep kepada otak yang melihatnya dan alam bawah sadar kita akan memahaminya yang dapat mengubah prinsip yang telah kita tanam. Terasa aneh, tapi itulah faktanya. Simpelnya, perhatikan simbol dibawah ini!
JIka kamu orang Indonesia, 100% tau apa ini. Dalam alam sadar kita pasti akan langsung mengarahkan kita pada sebuah negara, bisa juga alam sadar kita membayangkan para "koruptor", bisa juga membayangkan diri Anda bukan?
Begitu juga berbagai simbol lainnya. Asalkan Anda tahu apa yang dimaksud dari sebuah simbol, itu sah-sah aja untuk menggunakannya. Dan berbahaya bagi mereka yang tidak mengerti akan sebuah simbol. Karna lain simbol, lain juga arti yang disimpannya. Untuk itu saya lampirkan beberapa simbol dan artinya. Apakah simbol yang anda gunakan selama ini baik atau malahan berarti  hina??? Mari kita lihat pelajari lebih dalam dengan simbol-simbol di bawah ini!


Kesembilan simbol di atas tidak dapat dipisahkan dengan sebuah keyakinan. Beda agama, beda simbol yang digunakan. Hati-hati dengan simbol-simbol di atas! Pembahasannya tentang simbol dan Agama dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Star and Crescent

Melihat sebuah mesjid, akan menemukan simbol ini pada ujung kubahnya. Karena simbol ini merupakan simbol dari Islam. Agama Islam merupakan negara yang meyakini bahwa tuhan itu Maha Esa dan tidak mampu melihatnya hingga nanti di surga.
Simbol ini di Indonesia sering digunakan sebagai simbol partai yang berbasis Islami. Para teroris yang mengaku Islam juga menggunakan lambang ini, untuk mengadu domba pemeluk beragama Islam dengan pemeluk Agama lainnya. Membuktikan kepada kita, simbol tidak dapat digunakan sembarangan.

2. Cross

Merupakan simbol yang digunakan oleh pemeluk agama kristen. Dalam bahasa Indonesia, cross berarti salib. Salib melambangkan Yesus yang merupakan Tuhan bagi umat Kristen. Simbol ini terlihat pada hampir semua gereja di dunia, dan juga pada rumah-rumah pemeluk agamanya.
Jika Anda pemeluk agama kristen, pasti simbol ini akan Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk melengkapi hidup dan gaya Anda.

3. Star of David


Yahudi telah bermakna dalam simbol ini. Yahudi merupakan sebuah agama dan/atau sebuah kebudayaan. Orang yang berbudaya Yahudi belum tentu beragama Yahudi. Dalam agama Yahudi mereka meyakini bahwa mereka adalah yang terpilih oleh Tuhan. 
Lambang ini penulis lihat pada kebanyakan kalung. Dan kalung ini sering digunakan oleh para artis, seperti Ahmad Dhani berikut.
Bagi Anda, Hati-hati jangan sampai salah simbol pada kalung Anda. Atau jika memang Anda sudah paham betul akan ide yang disimpan dibalik simbol itu.

4. Aumkar

M, simbol ini sering saya lihat pada film-film yang ditelurkan dari Bollywood. Memang adanya! India merupakan negara yang memiliki mayoritas pemeluk agama  Hindu. Agama ini adalah agama ke-tiga  terbesar setelah Islam dan Kristen.
Simbol ini jarang terlihat di Indonesia. Simbol ini bagi pemeluk agama Hindu berarti tertentu, yang juga tidak dapat digunakan untuk sembarangan.

5. Wheel of Dharma
Wheel of Dharma berarti Buddha dan berarti Siddarta Gauthama nama pendiri dan penemu agama Buddha. Buddha meyakini kemampuan terdalam pada pencerahan. Di Indonesia, Buddha merupakan agama resmi yang telah ada jauh sebelum agama lain. Ingat pelajaran IPS kita di SD!
Agama Buddha sangat erat dengan patung yang besar dan kuil atau candi. Agama Buddha meletakkan simbol ini pada bendera yang mereka bawa pada iringan ritual tertentu.

6. Torii

Shinto (神道) merupakan agama di Jepang yang menggunakan simbol ini. Torii erat dengan tempat-tempat suci. Shinto merupakan agama yang dianut masyarakat Jepang sebagai kepercayaan yang memuja leluhur. Shinto juga ada sejarahnya, konon Torii itu merupakan pintu yang menghubungkan antara manusia dan dewa/roh leluhur.

7. Khanda
Khanda digunakan dalam garis Sikhisme. Agama yang mengakui tuhannya satu dan berpegang pada pilosopi. Sikh memahami iman dan keadilan sebagai yang utama.

8. Baha'i Faith
9. Jainisme

Sembilan simbol ini erat kaitannya dengan sebuah iman dan kepercayaan. Jika anda selama ini menggunakan simbol-simbol di atas, maka anda secara tidak langsung telah menyalurkan dan menyampaikan pesan-pesan tersembunyi di dalamnya.

First